10 Game Melawan Hama Pada Tanaman Yang Edukatif Untuk Anak Laki-Laki Yang Suka Berkebun

10 Game Seru Basmi Hama untuk Calon Petani Muda

Halo, para calon petani cilik! Kalian suka berkebun dan merawat tanaman? Pasti kalian sering dong ketemu sama hama yang nakal? Jangan khawatir, ada lho game seru buat ngebasmi hama-hama itu! Yuk, kita main!

1. Tomat Racun

Buatlah campuran tomat busuk dengan air. Tomat mengandung zat yang bikin hama gak doyan makan tanaman. Tempelkan campuran ini ke daun yang diserang hama.

2. Air Cabai

Rendam cabai dalam air semalaman. Nah, air rendaman cabai ini bisa bikin hama pada kabur! Siramkan air cabai ke tanaman yang terkena hama. Awas, jangan terlalu banyak ya, bisa gosong daunnya!

3. Ramuan Bawang Putih

Hancurkan bawang putih dan campur dengan air. Aroma bawang putih yang menyengat bisa bikin hama ogah merapat. Semprotkan ramuan bawang putih ke tanaman yang terinfeksi hama.

4. Teh Daun Sirsak

Rebus daun sirsak dalam air. Teh daun sirsak punya kandungan antibakteri yang bisa membunuh hama. Semprotkan teh daun sirsak ke tanaman yang kena penyakit.

5. Larutan Cuka

Campur cuka dengan air dalam perbandingan 1:1. Cuka punya sifat asam yang bisa membunuh hama. Siramkan larutan cuka ke tanaman yang terserang hama. Hati-hati, jangan sampai kebanyakan ya!

6. Perangkap Kartu Kuning

Hama itu doyan banget sama warna kuning. Jadi, tempelkan kartu kuning lengket di sekitar tanaman. Hama akan nempel ke kartu karena dikira bunga. Senang deh, hama bisa kejebak!

7. Nematoda

Nematomorpha, atau yang biasa disebut cacing rambut, adalah hewan yang bisa membasmi hama. Belilah nematoda dari toko pertanian dan sebarkan di tanah di sekitar tanaman.

8. Larva Kumbang Tanah

Larva kumbang tanah adalah serangga yang gemar makan hama. Taruhlah larva kumbang tanah di sekitar tanaman. Larva ini akan mencari dan memakan hama.

9. Tawon Parasit

Tawon parasit, seperti tawon trichogramma, bisa bikin hama susah berkembang biak. Melepaskan tawon parasit di kebun bisa membantu mengurangi jumlah hama.

10. Burung

Burung adalah musuh alami hama. Biarkan burung berkeliaran di kebunmu. Mereka akan makan hama dan membantu menjaga tanamanmu tetap sehat.

Nah, sekarang kalian sudah punya banyak senjata rahasia buat membasmi hama. Jangan lupa untuk terus merawat tanaman kalian dengan baik ya. Selamat berkebun, calon petani muda yang keren!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *